Setelah Sekian Lama, Kawan! Rindu? (Ga!)

Dan…. yelahhh… ^_^ setelah sekian lama, saking lamanya sampe ga tau berapa lama, jadi sekian lama pokoknya. Kalo ga salah mah terakhir posting pas Ramadhan kemaren deh, habis malemnya dapet surprise kecepatan, *peace*

Yelah…. sudah lama, berasa lama bukan cuma karena emang benera lama, plus plusnya karena memang lamanya big bang *apasih* Banyak yang terjadi, kawan. Ah, sudahlah! Di semester ke dua tahun lalu banyak dapet kejutan, mulai dari hati *ga penting*, gaji naik, kawan *hehehe*, ga jadi nikah, kawan *habis kalendernya padet ga da space* hehehe, ngajar ampe lebih dari 20 sks kawan, bengep tapi seneng, terus eh partner di kampus nikah eh ditinggal *nyindir orang jekardah ini!*, ikut tes, alhamdulillah lulus, eh off ngajar berbulan2, eh pindah kampus deh. Ketemu orang-orang baru, cara baru, tempat baru, dan yang ga nahan mata kuliah-mata kuliah baru… Hidup yang dinamis, bukan?! *bukan* Alhamdulillah.

Alhamdulillahirobbil’alamiin. Sebagai orang yang mudah bosen, hal baru memang ditunggu-tunggu, tapi memang kali ini terlihat kurang siap karena buanyak sekali yang berubah. Alhamdulillahnya lagi, saat mood memburuk, “ngajar” tetep bisa jadi solusi. Alhamdulillah, sekali lagi.

Harapannya, kelak semoga bisa berbuat lebih banyak dan lebih baik. Lebih amanah untuk semua titipan ini, bersabar untuk tiap halangan. Lebih banyak nulis yang manfaat juga pastinya. Tetap bahagia, semoga tetap Allah bahagiakan hati atas tiap rejeki yang meskipun sederhana.  Dan tentunya juga tetap bersedih, tetap gelisah ketika tak memberikan yang terbaik, tetap bersedih ketika tak mampu menjaga amanah. Kelak, sebelum hijaunya lumay menguning, kawan!

 

 

 

 

Tentang Saya (Ini judul terbaca narsis): Udah 24 nih, yeay!

Kenapa sih seneng bener udah nyampe 24? Jelas saja karena bentar lagi bakal 25 yeah!!! hehehe

Jadi nih, 5 Agustus 2013, akhirnya nyampe juga 24 tahun, meski harus terseok-seok bertahan di dunia fana inih! *Ya!!!!*

Cerita sedikit inih, jadi malemnya habis buka bareng sama temen2 SMA terus ikut anter2 temen pulang dan diakhiri dengan makan *lagi* di rumah *soalnya kurang afdhol kalo ga makan masakan ibu, suer*, maka berencana menutup malam dengan segera tidur.

Tapi… tetiba ada suara motor mampir, padahal semua anggota pasukan di rumah udah lengkap, siapakah gerangan? Eh ternyata, mas Bos (Bosnya kita di Primagama, hihi) yang datang, adik bungsuku teriak2 nyebut nama si bos ga pake kakak apalagi mas *ga sopan*. Jelas aja tambah heran, sambil ngeliat jam yang udah lewat 10 malam… Lah ngapain bos? hehehe.

Eh pas mau keluar kamar ga sengaja denger ada kata2 gini *Maaf Pak, ini Rizanya ulang tahun*, hahaha ketauan…. Masih dengan keheranan karena si bos datangnya terlalu malam dan belum tanggalnya serta sendirian *lengakp anehnya* Langsung tak bikinin minum yg entah berantah mungkin rasanya *maklum ini beneran bingung*.

Dan taraaaaaa, Widya, Yuk Wen, Lina, Yayan, Agus, kemudian muncul bawa kue segala… heheheh spontan saya teriak *woiii kan belummm, kan besokkk* hehehe.. Ini nih kuenya hehehehe

1091858_4967070828559_329691018_n

Hehehe kuenya bentuk buku gitu ceritanya, jadi kesannya yang ultah ini serius dan kutu buku, *padahal….* Terus, dapet kado yang belum sempet kufoto udah main buka ajah, isinya gamis warna merah…hehehe

Makasih teman2 Primagama, berasa anak muda aja pake disurprise-in gini… hehehe Rasanya terakhir diginiin dah lama banget, waktu masih 15 tahun,  ^_^

Apalagi????? Belum kelar postingannya…

Beberapa hari sebelum tanggal 5 ini, sambil bikin kue kering ibu cerita tentang lahirnya anak sulungnya ini. Kata ibu dulu waktu lahir aku bikin  kaget, karena ga paham secara anak pertama juga, ayah malah sampe pingsan. Tau kenapa? Soalnya pas lahir aku masih terbungkus ketuban gitu, jadi ga nangis, belum keliatan bentuk utuhnya, masih melengkung ajah, stay cool! Kira2 bentukanku mirip2 gambar di bawah ini:

Pas lahir aja sudah bikin kejutan, gedenya bandel gini, hehehe tapi semoga kelak bisa bermanfaat bagi agama, bangsa, dan negara *InsyaAllah masih sempet kan ya* aamiinnn….

Hmmm, jadi yang terpenting dari tibanya hari lahir, bukan surprisenya tapi perhatian kawan, yang penting sampe umur segini udah ngapain aja, udah ini mau jadi apa, mau ngapain, refleksi, taubat, sambil nyiapin target2 ke depan biar bisa jauhhh lebih kece lagi lahir batin, duani akhirat… Doanya ya… :D

Udahan, sekian postingan yang random ini…. mau ngecek ketupat dulu euy! Lebaran mampir ke rumah ya!

Tugas Pra UAS: Geometri

Dan akhirnya saya pulih dan bisa mikir *Alhamdulillah*
Ini saya posting tugas pra UAS yang sudah ditunggu-tunggu tentunya *saya yakin tugas kali ini ditunggu-tunggu* :D
Tugasnya bisa diunduh melalui link di bawah ini:

Tugas Pra UAS

Tugas dikumpulkan sebelum pelaksanaan UAS, Senin 22 Juli 2013 pukul 09.00. Selamat bertugas ria!

Catatan: (*Berdasarkan pertanyaan yang sering muncul*)

- Soal no 1, ukuran ruas garis AZ tidak ditentukan, ukurannya sesuai hasil print di kertas A4 (100%) atau silahkan tentukan sendiri.

- Soal no 5, ukuran rusuk kubus 4 cm, tapi tidak masalah jika dimisalkan a cm (karena saya lupa mencantumkan ukurannya)

Persiapkan UASnya ya….. Ga ada toleh2, okay!

Tugas Geometri: Bangun Datar (Kritisi Pembuktian)

Ini tugas yang sudah dijanjikan dan sepertinya ditunggu-tunggu. Sederhana saja, berikut disajikan suatu pembuktian bahwa

Ada sebuah segitiga dengan dua sudut siku-siku.

Perhatikan benar bukti berikut gambarnya. Dari apa yang telah dipelajari, tentunya pernyataan yang dibuktikan tidak sesuai dengan jumlah sudut segitiga (dalam geometri Euclid). Tugas kita kali ini adalah mengkritisi pembuktian yang disajikan. Ada yang salah? Di mana? Mengapa?

Bukti:
Dua buah lingkaran berpotongan di titik A dan B. (Perhatikan Gambar)

Segitiga dengan Dua Sudut Siku-SikuMisalkan, AC dan AD sebagai diameter masing-masing lingkaran.
CD memotong kedua lingkaran di E dan F.

Sudut AFC adalah sudut siku-siku, karena sudut AFC merupakan sudut keliling pada lingkaran dengan diameter AC (lingkaran kecil).

Analog untuk sudut AED. Sudut AED juga merupakan sudut siku-siku.

Dengan demikian segitiga AEF mempunyai dua sudut siku-siku.

Terbukti. #thinkagain #simple

(Sumber: Budiarto, Mega Teguh, Masriyah. 2010. Sistem Geometri. Surabaya: UnesaUniversity Press.)

 

Tugas dikumpulkan pada pertemuan ke 13 (Kamis, 18 Juli 2013)

Tugas Geometri: Bangun Ruang

Untuk pekan pertama bulan Juli, perkuliahan semester pendek untuk mata kuliah Geometri ditiadakan. Perkuliahan akan dimulai kembali pada hari Senin (8 Juli 2013, 08.00-12.00). Berikut beberapa tugas yang saya berikan. Tugas dikerjakan secara berpasangan. Pengumpulan tugas paling lambat tanggal 8 Juli 2013.

Tugas Baca (Wajib) tentang Bangun Ruang, Bangun Ruang Sisi Datar (Tugas I) dan Bangun Ruang Sisi Lengkung (Tugas II):

  1. Buatlah skema Bangun Ruang Sisi Datar dan skema Bangun Ruang Sisi Lengkung berdasarkan apa yang Anda baca. Informasi bisa ditambahkan dari  referensi lain. Buat keterangan tentang kriteria pembuatan skema (penyusunan skema beradasarkan kriteria apa?, misalnya: berdasarakan banyak sisi-sisi sejajar seperti contoh skema  pada Bab 3: Skema Segiempat).
  2. Latihan Soal: Kerjakan Latihan soal (nomor 1-10) Bangun Ruang Sisi Datar  dan Bangun Ruang Sisi Lengkung. 

Tugas Bonus (Tidak Wajib):

  • Sistem bonus sama seperti pada perkuliahan Aljabar Linier. Silahkan pelajari dan jelaskan di depan kelas tentang pembuktian rumus volume bola menggunakan prinsip Cavalleri (tetap dibuka kesempatan untuk pembuktian rumus volume bangun ruang lainnya menggunakan prinsip Cavalleri). Satu pembuktian rumus hanya dijelaskan oleh satu mahasiswa, kecuali terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Bagi mahasiswa yang dapat menyelesaikan tugas ini, tidak perlu mengerjakan soal UAS tentang Bab 2 Bangun Ruang (tetap mendapatkan nilai penuh).

Silahkan persiapkan diri untuk Kuis ringan di awal perkuliahan tgl 8 Juli 2013 (Bocorannya: ada 5 soal mengenai Bangun Ruang).

Minggu ini saya tidak akan sering mengakses blog ini, pertanyaan mengenai tugas bisa diajukan via sms.

Terimakasih.

Mereka yang badannya sekarang sudah lebih tinggi dari saya…

Mereka yang badannya sekarang sudah lebih tinggi dari saya...

Ah anak-anak ini, hampir 2 tahun membersamai mereka belajar sejak masih mahasiswa S1 tingkat 3 dulu…. Ya dulu kupikir banyak hal yang “harus” diajarkan, sehingga penuh kepala dengan rencana ini itu…. Tapi hari ini, baru saja terenungi saat teringat mereka kembali, kemudian mengambil sebuah kesimpulan bahwa: Diri ini yang sebenarnya telah banyak belajar dari anak-anak ini, terimakasih anak-anakku… :D