Pengantar Dasar Matematika: Garis, Sinar, dan Segmen *Ini Cerita*

Sedikit hasil belajar-*menggantikan* ngajar minggu lalu, topiknya: “Coordinate Geometry”. Judulnya, modulnya, referensinya sih pake English, tapi tetep ngajarnya pake Bahasa Kesatuan sesuai janji di Sumpah Pemuda, hehehe *alibi*. Sebelum masuk ke materi, saya coba kasih soal-soal TPA ringan buat pemanasan. Alhamdulillah kelas jadi lumayan panas…. Terus lanjut kita ke topik yang akan di bahas.*Ini postingan versi males, doakan saya segera rajin biar bisa dilengkapkan supaya bermanfaat*

Oh ya sebelum kejauhan ini nih yang dijadiin sumber belajar *selain modul wajibnya PDM yang warnanya pink-orange*:

Math Open Reference (http://www.mathopenref.com/coordintro.html)

Ini sub topik yang dibahas:

  1. Introduction to coordinate geometry
  2. Distance Between Two Points
  3. Lines, Line Segments, and Rays in Coordinate Geometry
  4. Midpoint of a line segments
  5. Point in a line segments

Kelima subtopik di atas tentu bukan materi yang baru dikenalkan, seperti topik-topik pada mata kuliah PDM sebelumnya, topik di pertemuan kali ini bisa dibilang seperti kawan lama yang baru ketemu atau kawan yang jarang ketemu meskipun tinggal deketan *apasih :p Pokoknya udah kenal aja *titik* Jadi, perkuliahan ga didominasi pernyataan2 tentang definisi dan konsep, malah lebih ke pertanyaan2 yang saya harap mampu bikin kelas rame. Alhamdulillahnya lagi, didukung sama website dengan media visual yang mudah dipake dan dipahami.

2 sks diakhiri dengan soal-soal latihan dan sedikit ngalur-ngidul ke topik2 yang insyaAllah masih saya anggap relevan *alibi lagi* misalnya: Garis dan Titik  adalah objek/ide abstrak dalam matematika, sehingga tidak ditemukan dalam wujud benda di dunia nyata.  Jadi sedikit berdiskusi kenapa konsep/ide tentang garis dan titik sampai ada, harus ada, dan apa maknanya *yang ini juga nanti saya jelaskan sedikit lebih panjang lebar kalo dah rajin

Nah karena bukan materi anyar dan seperti judulnya cuma cerita, jadi materinya bisa diliat di link yang sudah saya sebut2 tadi. *lagi2 karena sedang kurang rajin, nanti kalo udah rajin tak bikin ringkasannya, sementara cerita dulu*

Terus apa menariknya dari perkuliahan kali ini? *ga ada* hehe… Cuma ada yang lucu aja, kata yang dengerin saya ngajar,  pertemuan kali ini ga kayak matakuliah PDM, lebih mirip mata kuliah sastra, soalnya definisi-definisinya tetiba berubah jadi kalimat-kalimat bersayap yang dicurigai curhat colongan *hehe tepok jidat pelan2*

Ini nih salah satu hasilnya:

Perjalanan kita, ya kau dan aku, melukis segmen garis jika kau berjalan ke arahku dan berhenti tepat di posisiku, pun diriku. Ini tentang semua yang berada di antara kita. Tapi jika kau teruskan perjalanan ke arah yang sama tanpa punya titik pemberhentian maka kau menjelma sinar. Jika sudah begitu, bukankah sebaiknya kulakukan hal yang sama, meneruskan lajuku ke arahmu tanpa berhenti, lalu kita bersama mencipta garis . hehehehe….

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s